5 Situs Buat Cek Apakah Data Pribadimu Bocor di Internet

Jakarta - Pernahkah terlintas di pikiranmu, apakah data pribadi kamu sudah pernah bocor di internet? Untuk mengetahuinya, situs-situs ini bisa mengecek apakah data pribadi seseorang bocor di internet. Kamu bisa mencobanya sekarang juga.

Kadang, orang baru tersadar datanya diretas setelah ada serangan untuk mengambil alih akun, misalnya. Padahal, jangan sampai menunggu itu terjadi, kamu bisa mencegahnya.

Sebagaimana ditulis oleh CNN Indonesia, berikut ini lima situs yang bisa dipakai untuk mengecek kebocoran password dan email seseorang.

1. Avast
Pertama, kamu bisa mengecek kebocoran data di avast.com. Caranya dengan mengakses link www.avast.com/hackcheck/.

Di email, Avast akan memberitahu berapa kali password email kamu bocor dan situs apa saja yang terhubung dengan email tersebut.
Advertisement

2. Have I Been Pwned?
Have I Been Pawned melacak peretasan email. Kamu tinggal masuk ke situs haveibeenpwned.com untuk mengetahui apakah email kamu terancam. Tak perlu login pun bisa, kamu tinggal memasukkan alamat email.

3. DeHashed
Situs dehashed.com memungkinkan seseorang mengetahui apakah identitas nama muncul di daftar yang diretas. Kamu juga bisa melihat di mana saja password kamu bocor.

4. Firefox Monitor
Kunjungi langsung monitor.firefox.com untuk mengetahui email dan password yang bocor. Caranya tinggal memasukkan alamat email kamu saja. Kamu bahkan bisa melihat kebocoran-kebocoran yang dialami di layanan digital mulai e-commerce sampai dompet digital.

5. Periksa Data
Pendiri komunitas Ethical Hacker, Teguh Aprianto disebut berhasil membuat situs yang bisa mendeteksi apakah data pribadi seseorang bocor atau tidak. Wesbite yang bisa kamu datangi adalah periksadata.com.

 

Sumber: https://inet.detik.com/security/d-6198880/5-situs-buat-cek-apakah-data-pribadimu-bocor-di-internet/2
 

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas