Elon Musk prediksi AI saingi kecerdasan manusia di 2029

Banyak teknologi AI yang sukses menghipnotis pasar seperti ChatGPT milik OpenAI yang sanggup melakukan pekerjaan manusia. Kasus lain, kemampuan dan kecerdasan teknologi AI sanggup mengalahkan kecerdasan manusia.

Ketika dihadapkan dengan pesatnya pertumbuhan teknologi artificial intelligence (AI), dunia bisnis tentu dimudahkan dengan proses otomatis yang membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih efisien. Di sisi lain, tak bisa dipungkiri hal ini membuat para karyawan "kebakaran jenggot" karena takut kehilangan pekerjaan dan digantikan oleh mesin.

Dalam studi oleh Universitas Arkansas, ChatGPT-4 diadu dengan 151 peserta manusia dalam tiga tes pemikiran yang berbeda. Tes tersebut dirancang untuk menilai kemampuan menghasilkan solusi unik.

Pada akhirnya, peneliti menemukan bahwa jawaban GPT-4 lebih orisinal dan rumit dibandingkan manusia dalam setiap tugas berpikir. Bahkan, ketika mengontrol kelancaran respons. Dengan kata lain, GPT-4 menunjukkan potensi kreatif yang lebih tinggi di seluruh rangkaian tugas berpikir yang berbeda.

Menjadi pertanyaan, apakah AI akan menyaingi kecerdasan manusia? 

Elon Musk menilai AI akan lebih pintar dari seluruh gabungan umat manusia pada 2029. Sebelumnya Ilmuwan komputer dan futuris Amerika Ray Kurzweil menyampaikan bahwa AI akan mencapai tingkat kecerdasan manusia pada 2029.
 
“Kita (pengembang AI) belum cukup sampai di sana (tingkat kecerdasan manusia). Tapi akan sampai di sana, dan pada 2029 saya rasa semua sepakat,” kata dia dalam acara podcast Joe Rogan.

“Saya sebenarnya dianggap konservatif. Orang-orang mengira hal itu akan terjadi tahun depan atau tahun berikutnya,” Ray menambahkan. 

Elon Musk menanggapi pernyataan Ray yang diunggah ulang di media sosial X atau Twitter. 

“AI mungkin akan lebih pintar dari manusia manapun tahun depan. Pada 2029, AI mungkin lebih pintar dari gabungan seluruh manusia,” kata dia, Rabu (13/3).

Tentu saja pendapat Elon Musk dan Ray memancing perdebatan yang telah muncul sejak awal lahirnya AI, tapi masih banyak pendapat yang menyatakan bahwa AI tak akan mungkin bisa mengalahkan manusia. Kita lihat saja. 

 

IN

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas