Wamendag Jerry: Ekonomi digital salah satu prioritas Indonesia-Brasil

Wamendag Jerry meyakini, hubungan yang kuat dengan Brasil adalah kunci membangun hubungan baik Indonesia-Brasil, terutama kerja sama ekonomi.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menerangkan, Indonesia ingin memperdalam kerja sama di bidang-bidang prioritas bersama yang baru muncul dan mengoperasionalkan rencana aksi untuk 2023-2026 yang telah disepakati dalam forum konsultasi bilateral Indonesia-Brasil pada Mei 2023 silam. Bidang-bidang prioritas Indonesia meliputi pertanian berkelanjutan, energi bersih, ekonomi digital, dan pembangunan ibu kota baru.

Hal tersebut diterangkan Wamendag Jerry usai mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Menteri Luar Negeri Brazil Mauro Vieira. Pertemuan dilakukan di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) di Paris, Prancis pada Jumat lalu (3/5).

"Indonesia menyampaikan dalam pertemuan dengan Menlu Mauroi Viera bahwa Asia Tenggara, termasuk Indonesia, memiliki agenda ke depan untuk menumbuhkan ekonomi digital. Sektor ini dapat meningkat dua kali lipat nilainya menjadi USD 2 triliun dolar pada 2030. Nilai tersebut menawarkan peluang yang signifikan untuk kolaborasi dan pertumbuhan. Ekonomi digital menjadi salah satu prioritas dalam kerja sama Indonesia-Brasil," jelas Wamendag Jerry sebagaimana dikutip dari siaran pers Kementerian Perdagangan, Senin (6/5).

Wamendag Jerry menyebutkan, Indonesia dan Brasil dapat meningkatkan kegiatan dalam kerja sama teknologi digital dan inovasi. Sebagai Ketua ASEAN 2023, Indonesia juga telah mendapatkan kesepakatan untuk mengembangkan ASEAN Digital Economy Framework Agreement (DEFA) untuk memajukan digitalisasi dan interoperabilitas.

Sebagai negara perdagangan yang luas, Indonesia tidak hanya memiliki kepentingan ekonomi, tetapi juga komitmen untuk mempertahankan perdagangan dan investasi multilateral yang berbasis aturan, persaingan yang adil, dan kemitraan global yang inklusif dan tangguh. Wamendag Jerry meyakini, hubungan yang kuat dengan Brasil adalah kunci membangun hubungan baik Indonesia-Brasil, terutama kerja sama ekonomi.

"Indonesia mengutarakan keinginan bekerja sama dalam memperkuat arsitektur global yang melayani negara-negara berkembang dengan baik. Kami jelaskan, Indonesia adalah negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Asia Tenggara yang dinamis dengan rekam jejak kinerja ekonomi yang kuat meskipun menghadapi tantangan global," tutur Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry menambahkan, Indonesia juga menyampaikan dorongan semangat atas Presidensi G20 Brasil pada tahun ini. Adapun Menlu Mauroi Viera menyampaikan dukungan atas aksesi Indonesia pada OECD. (IN)

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas