Wantiknas Apresiasi Perkembangan Layanan Digital di Kabupaten Ciamis

CIAMIS, JAPOS.CO – Dewan TIK Nasional (Wantiknas) Kembali melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Ciamis. Selasa, (10/10). Rombongan dari Wantiknas tersebut diterima secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, H. Tatang di ruang kerjanya.

Diketahui, kunjungan kali ini dalam rangka penyiapan instrument untuk dapat mengukur tingkat Digital Leadership di Lembaga Pemerintahan. Hal tersebut mengacu pada arahan Ketua Harian Pengarah Dewan TIK Nasional yang tercantum pada Surat Keputusan Menteri PPN/ Kepala Bappenas Nomor 86/M.PPN/HK/07/2021, Dewan TIK Nasional mendapatkan amanah untuk merumuskan kebijakan umum dan arahan strategis pembangunan nasional melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi, serta pengembangan Transformasi Digital, dimana digital Leadership merupakan salah satu factor kesuksesan dalam pengembangan transformasi digital.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari Prestasi Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Dr. H. Tatang, M.Pd. yang berhasil menjadi salah satu pemenang ASKOMPSI Digital Leadership Government Award 2023 (ADLGA 2023) kategori Sekretaris Daerah Kabupaten se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta. Kamis, (27/07).

Direktur Eksekutif Wantiknas, Dr. Gerry Firmansyah dan tim dalam kunjungannya mengkonfirmasi beberapa hal terkait dengan kepemimpinan digital Sekda Ciamis sebagai koordinator tim koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dalam menjalankan pemerintahan berbasis digital di Kabupaten Ciamis.

Menurut Sekda Ciamis, untuk menjalankan pimpinan digital di Kabupaten Ciamis tidak terlepas dari Visi dan Misi Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Ciamis H. Yana D Putra.

Dimana seperti yang diketahui bersama Bupati Ciamis menginginkan Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Cerdas (Smartcity), sehingga Sekda sebagai koordinator tim koordinasi SPBE mengerahkan seluruh tim koordinasi SPBE untuk dapat mewujudkan keinginan Bupati yang bertujuan untuk layanan publik yang semakin baik menggunakan digitalisasi.

Selain itu, Sekda Ciamis juga menjelaskan terkait dengan Satu Data Kabupaten Ciamis, menurutnya pemerintah Kabupaten Ciamis akan semakin baik dalam melayani masyarakat jika perencanaannya berbasis data yang valid. “Latar belakang adanya keinginan untuk mewujudkan satu data di Kabupaten Ciamis dikarenakan adanya perbedaan data dari beberapa OPD, sehingga validitas data harus menjadi perhatian bersama seluruh OPD dan stakeholder yang ada yang tergabung pada forum satu data Kabupaten Ciamis. Sehingga saya berharap dengan adanya satu data tidak lagi terjadi perbedaan data di Kabupaten Ciamis, “ jelas H. Tatang.

Selepas kunjungan dari Sekda, selanjutnya tim dari Wantiknas tersebut melanjutkan kunjungan ke kantor Diskominfo didampingi oleh Kadiskominfo H. Tino Armyanto dan Kabid Persandian dan Telematika, Hendri Ridwansyah.

Pada kunjungan ini, Wantiknas mengkonfirmasi terkait dengan SPBE dan digitalisasi yang selama ini dijalankan dan menjadi program kegiatan Diskominfo Kabupaten Ciamis dari mulai tim koordinasi SPBE, Dewan Smartcity, system informasi layanan pemerintah, layanan public hingga ke Jaringan Intra Pemerintah Daerah.

Pada kunjungannya tersebut, Dr. Gerry mengapresiasi program kerja Diskominfo, menurutnya Kabupaten Ciamis telah berhasil menerapkan layanan jaringan intra pemerintah untuk layanan pemerintah Kabupaten dan Desa. Dirinya juga mengapresiasi inovasi layanan public (Government to Citizen) HELO Ciamis yang digagas oleh Kadiskominfo Kabupaten Ciamis, hal ini menurutnya akan membawa dampak signifikan kepada masyarakat Tatar Galuh Ciamis dalam menggunakan layanan public berbasis elektronik yang dapat diakses dengan mudah menggunakan gadget berbasis android. (Mamay)

Sumber: 
https://www.japos.co/2023/10/13/wantiknas-apresiasi-perkembangan-layanan-digital-di-kabupaten-ciamis/ 

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas