Transformasi Digital Dongkrak Efektivitas Layanan Publik

Merdeka.com - Ilham Habibie, Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional (WanTIKnas) menyatakan betapa pentingnya transformasi digital, baik di sektor bisnis maupun pemerintahan. Menurut dia, digitalisasi substansinya adalah teknologi yang diterapkan untuk memperbaiki proses kerja secara keseluruhan, baik dari segi biaya, kecepatan, dan juga kualitas.

"Saya kasih contoh, kita ini baru beralih dari analog TV ke digital, itu harapannya ke depan adalah signalnya tentu lebih bagus, kemudian kita juga bisa dapat lebih banyak channel, dan para pelanggan (pemirsa) dia dapat satu layanan yang jauh lebih baik daripada dengan analog. Jadi, dengan adanya teknologi digital kita mendapatkan satu kualitas layanan yang lebih baik," ujar Ilham saat menjadi Keynote Speech di ajang TOP Digital Awards 2022, belum lama ini.

Hal yang sama juga dikatakannya terkait dengan digitalisasi data. Kata dia, data akan punya nilai jika data tersebut berada dalam bentuk digital.Makanya dengan digitalisasi itulah data punya potensi untuk bisa diolah dan bisa menjadi sesuatu yang punya nilai yang berlebih.

"Itu yang sebetulnya sama-sama dengan minyak. Sehingga kalau kita produksi minyak itu dalam bentuk mentah dia tidak punya nilai, tetapi harus melalui proses untuk menjadi bahan bakar, plastic, menjadi pupuk, dan sebagainya," ungkapnya.

Untuk mengolah data agar memiliki nilai seperti halnya minyak, Ilham juga menyinggung mengenai peran penting teknologi Artificial Intelligence (AI), Big Data, dan Machine Learning untuk mengetahui pola-pola yang ada pada data tersebut.

Sementara, pengamat sekaligus Ketua Dewan Juri Top Digital Awards 2022, Kalamullah Ramli mengatakan, Transformasi Digital umumnya dijalankan dalam upaya suatu organisasi mendongkrak efektivitas dan efisiensi dalam memberikan layanan publik, kinerja bisnis dan operasional, serta layanan kepada pelanggan.

"Agar transformasi digital yang sukses tetap bisa diwujudkan, maka perlu fokus pada kualitas digitalisasi, bukan sekedar kuantitas; kemudian, Integrasikan upaya transformasi digital dengan seluruh aktivitas organisasi, lalu tetap memperhatikan kondisi eksternal, seperti ekonomi, pasar, kompetisi, dan perkembangan teknologi serta kebutuhan masyarakat/konsumen, serta manajemen keamanan informasi," ujar dia yang juga pernah menjabat sebagai Dirjen Pos dan Penyelenggaraan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo itu.

Sumber: https://www.merdeka.com/teknologi/transformasi-digital-dongkrak-efektivitas-layanan-publik.html
 

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas