Diundang Jokowi untuk investasi, CEO Apple Tim Cook ungkapkan jika Indonesia adalah pasar penting Apple

Selain membahas peluang ekspansi Apple ke tanah air, dan terlibatnya Indonesia ke dalam rantai pasok global. Pertemuan ini juga untuk mengajak Apple membentuk pusat inovasi bersama universitas potensial di Indonesia dalam upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Presiden Joko Widodo telah bertemu dan berdiskusi dengan CEO Apple Tim Cook pada Rabu pagi (17/4/2024). Keduanya membahas soal rencana investasi Apple di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Jokowi melalui akun Instagram personalnya. Jokowi mengungkap beberapa ide yang akan dieksplor dengan Apple.

"Pertemuan dengan Tim Cook berfokus pada eksplorasi rencana strategis, termasuk peluang ekspansi Apple di Indonesia dan integrasi lebih dalam ke rantai pasok global," tulis Jokowi di akun Instagram personalnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan telah mengajak Apple membentuk pusat inovasi bersama universitas potensial di Indonesia dalam upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie yang ikut mendampingi Presiden Joko Widodo menyatakan pertemuan itu bisa memberi optimisme bagi warga Indonesia. Pasalnya, Indonesia menjadi pasar yang besar dan menjanjikan serta penting bagi investasi industri teknologi global.

“Pak Presiden sampaikan bahwa ASEAN adalah market yang besar, 600 juta penduduknya dimana 45 persennya termasuk Indonesia, termasuk juga GDP.  Jadi, harus ada bagaimana kita bukan sekadar pasar, namun juga bisa menjadi bagian dari global supply chain,” tuturnya.

Selain itu, Menkominfo menyatakan dalam pertemuan itu, Presiden Joko Widodo dengan Tim Cook juga membahas Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk produk impor. Menurutnya, Presiden menginginkan Indonesia menjadi bagian dari pemasok dan penyalur komponen teknologi dunia.

"Pasti dong ini urusan Menperin (Menteri Perindustrian) TKDN sama Apple. Kalau Kementerian Kominfo tugasnya mengurus perizinan, misalnya frekuensi dan standarisasi perangkat," jelasnya. 

Menteri Budi Arie mengungkap terbuka kemungkinan Apple akan membuat pabrik di Indonesia. Namun, hal itu masih membutuhkan pembahasan lebih lanjut. "Oh nanti kalau pabrik, itu juga (dalam pembahasan investasi)," ungkapnya.

CEO Apple Tim Cook sendiri mengaku senang bertemu dan berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo. Lebih lanjut, Cook mengatakan Indonesia merupakan salah satu pasar terpenting bagi Apple. Untuk itu, pihaknya juga sudah membuat komitmen investasi berupa fasilitas pendidikan Apple Developer Academy.

"Kami akan membuka Apple Developer Acdemy yang ke-4. Baru saja kami umumkan kemarin dan akan berada di Bali," ia menuturkan.

Sebelumnya, sudah ada 3 Apple Developer Academy yang masing-masing terletak di Batam, Surabaya, dan Tangerang Selatan. (IN)

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas