Wantiknas Gelar Rapat Koordinasi Awal Tahun 2024

Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (WANTIKNAS) menggelar rapat koordinasi Tim Pelaksana awal tahun 2024, pada Rabu (17/01) di Menara Bappenas.

Rapat yang dihadiri oleh Tim Pelaksana tersebut, bertujuan untuk merumuskan kerangka kerja Wantiknas Tahun Anggaran 2024. Adapun salah satu topik yang dibahas adalah mengenai isu digital sovereignty atau kedaulatan digital sebagai fokus di 2024. Sehingga ke depan digital sovereignty harus melindungi nilai-nilai bangsa dan dapat menjadi whitepaper digital sovreignty Indonesia.

Di samping itu, Ketua Tim Pelaksana Wantiknas, Ilham A Habibie menekankan tiga poin penting, pertama, isu Artificial Intelligence global yang utamanya saat ini memiliki peran penting karena di beberapa negara sedang fokus pada definisi dan etik. Kedua, implementasi SPBE yang perlu didorong, dan terakhir, bagaimana penguatan koordinasi dengan Bappenas secara umum dan secara khusus dengan Menteri Bappenas yang merupakan Ketua Tim Harian Wantiknas.

"Ada beberapa hal yang masih perlu dikaji lagi terkait Artificial Intelligence, yang mana secara global masih menjadi sorotan di beberapa negara terkait definisi dan etiknya. Kemudian implementasi SPBE yang sudah dari 2018 ini perlu kita dorong kembali, apalagi kita sebagai lembaga multistakeholder. Lalu perlu kita perkuat koordinasi kita dengan Bappenas dan khususnya Menteri Bappenas yang merupakan Ketua Tim Pengarah kita, " ujarnya.

Selain rapat koordinasi awal tahun 2024, kegiatan kali ini dilanjutkan dengan potong tumpeng oleh Ilham sebagai syukuran kepindahan kantor baru Wantiknas di Menara Bappenas Lt. 20.

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas