Kominfo Bakal Bikin 1 Super App, 24 Ribu Lainnya Dimatikan

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, mengatakan bahwa aplikasi pemerintah yang digunakan saat ini terlalu banyak dan tidak efisien. Ia menyebut ada sekitar 24 ribu aplikasi yang bekerja sendiri-sendiri.

"Bahkan di setiap kementerian dan lembaga pemerintah daerah memiliki aplikasi yang berbeda-beda disetiap sub unitnya, sangat tidak efisien," kata Johnny saat berbicara dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2022, Senin (11/7/2022).

Sehingga ia merasa perlu untuk menata ulang aplikasi ini dengan menghasilkan satu aplikasi super atau super app untuk Indonesia.

Menurut Johnny, paling tidak hanya butuh 8 aplikasi yang terintegrasi untuk memudahkan komunikasi.

"Ini sedang kita siapkan dalam roadmap Kominfo," tuturnya.

Nantinya dari 24 ribu aplikasi ini, Kominfo melakukan shutdown dan menutupnya, kemudian secara bertahap akan dipindahkan ke dalam super app tersebut.

Ia meyakini penggunaan super apps efisiensinya akan lebih tinggi dari intervensi fiskal yang Menteri Keuangan Sri Mulyani keluarkan saat ini.

"Puluhan triliun hematnya, kalau itu bisa dilakukan luar biasa untuk kita,"terangnya.

Di sisi lain, pemerintah dalam rangka electronic government, menggunakan 2.700 pusat data dan server ini hanya 3 persen yang berbasis cloud. Sisanya bekerja sendiri-sendiri yang mengakibatkan sangat sulit untuk menghasilkan satu data sebagai implementasi data data driven policy di Indonesia.

"Jadi perlu kita siapkan dengan benar." pungkasnya.

 

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220711111214-37-354570/kominfo-bakal-bikin-1-super-app-24-ribu-lainnya-dimatikan

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas