Rapat Rutin: Fokus Konsolidasi dan Rekomendasi Transformasi Digital

Jakarta- Fokus konsolidasi dan rekomendasi transformasi digital, Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) gelar rapat rutin membahas isu-isu strategis terkait penguatan rekomendasi transformasi digital sesuai dengan arahan presiden yang nantinya akan dibawa ke dalam rapat terbatas tingkat presiden, Selasa (08/09), melalui video conference

Dalam pembukaannya, Ilham mengatakan bahwa rapat rutin ini untuk berdiskusi mempersiapkan hal-hal terkait transformasi digital yang akan dibawa dalam rapat terbatas presiden. “Menciptakan awareness di tingkat presiden pada rapat terbatas kabinet. Kita perlu arahan dan keputusan bagaimana kita melakukan digital transformation terutama dari segi organisasi, proses, dan alur keputusan,” katanya.

Ia juga merekomendasikan untuk segera adanya kepemimpinan digital yang jelas yaitu NGCIO atau Chief Digital Officer untuk memimpin dan mengambil keputusan. Ilham juga mengungkapkan perlunya memutuskan salah satu fokus untuk yang nantinya akan di bawa dalam pertemuan rapat terbatas.

Senada dengan Ilham, Sekretaris Tim Pelaksana Wantiknas, Ismail mengungkapkan untuk adanya penentuan fokus utama dari Wantiknas dalam transformasi digital. Namun, untuk menuju fokus utama tersebut perlu menggambarkan elemen-elemen utama dari proses transformasi digital seperti infrastruktur, platform aplikasi, pusat data, kepemimpinan digital dan talenta digital. Dirinya juga menyarankan, secara garis besar Wantiknas dapat gambarkan secara keseluruhan elemen-elemen tersebut.

“Isu setiap elemen seperti apa dan usulannya bagaimana. Sehingga dapat dilakukan secara komprehensif, menyajikan transformasi digital bukan proses sederhana tetapi melibatkan banyak pihak. Di sinilah peran Wantiknas untuk menjadi orkestrator yang memberikan clue kepada presiden,” ungkapnya.

Rapat yang dihadiri oleh para Tim Pelaksana Wantiknas tersebut juga menetapkan adanya salah satu pemimpin yang menjadi koordinator untuk fokus dalam tim transformasi digital antar stakeholder. Selain adanya seorang pemimpin, para tim pelaksana juga merekomendasikan agar dibentuk konsep kelompok kerja yang sesuai dengan elemen-elemen yang masuk dalam percepatan trasnformasi digital, sehingga memudahkan dalam pelaksanaan setiap sektor.
 

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas