Migrasi Siaran TV Digital di Tingkat ASEAN: Indonesia Ketinggalan Dibanding 6 Negara Lain

TEMPO.CO, Jakarta - Migrasi sistem televisi dari analog menuju TV digital sedang digencarkan oleh Pemerintah. Dengan penyaluran set top box atau STB sebanyak 1 juta buah lebih, Pemerintah mengaku migrasi sudah siap.

Namun di antara negara tingkat ASEAN lainnya, manakah yang pertama menerapkan sistem TV digital? 

Brunei Pertama, Indonesia Ketinggalan Kereta?   

Di tingkat Asia Tenggara atau ASEAN, Brunei Darussalam menjadi negara pertama yang beralih menuju TV digital. Langkahnya kemudian disusul oleh negara-negara lainnya.

Borosnya frekuensi menjadi alasan sejumlah negara tersebut mengalihkan TV analog ke penyiaran digital alias ASO. Contohnya seperti Brunei sudah menerapkan ASO pada 2017, kemudian Singapura pada 2019, Malaysia pada 2019. selain itu, Vietnam, Thailand, dan Myanmar telah menyelesaikan ASO mereka pada 2020.

Mengutip dari laman siarandigital.kominfo.go.id, Singapura dan Malaysia sudah menyelesaikan proses ASO, namun digital dividend-nya belum bisa digunakan optimal untuk internet 5G. Hal tersebut dikarenakan sebagian masih terganggu dengan frekuensi yang dipakai TV analog di Batam, Indonesia. 

Di tingkat regional, terdapat Deklarasi ASEAN untuk menuntaskan ASO atau Analog Switch Off pada 2020. Indonesia telah bergabung pada working group bersama negara-negara tetangga untuk menyusun kesepakatan rencana penggunaan dan penyelesaian interferensi frekuensi di wilayah perbatasan seperti Batam, Pontianak, Nunukan, Jayapura, dan Pekanbaru.

Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya sengketa internasional dan menjaga hubungan dari ketidaksanggupan Indonesia mengadopsi panduan yang disepakati pada International Telecommunication Union atau ITU.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah yaitu melalui pembiayaan APBN dengan mendanai LPP TVRI untuk membangun pemancar televisi digital di daerah-daerah perbatasan. Selain untuk nilai strategis pertahanan dan keamanan, juga guna memprioritaskan persiapan ASO di daerah tersebut.

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1654752/migrasi-siaran-tv-digital-di-tingkat-asean-indonesia-ketinggalan-dibanding-6-negara-lain?page_num=1
 

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas