Ini 8 Manfaat dan Tantangan Penerapan Cloud Computing

Penghematan biaya merupakan salah satu manfaat paling umum dalam pemanfaatan cloud computing. Hal ini juga menjadi motivasi pemerintah di berbagai negara ketika telah menetapkan strategi TIK, di mana cloud computing memainkan peran kunci. Berikut 8 manfaat dan tantangan dari penerapan cloud computing.

1. Efektivitas Biaya
Layanan cloud tidak memerlukan infrastruktur lokal sehingga dapat memengaruhi biaya investasi dan pengoperasian TIK. Cloud computing juga dapat mengurangi biaya untuk pembaruan dan administrasi lisensi perangkat lunak.

2. Skalabilitas
Layanan cloud menawarkan kapasitas yang lebih praktis dan tidak terbatas untuk pemrosesan dan penyimpanan data. Sumber daya di cloud dialokasikan ke organisasi pelanggan hanya jika diperlukan.

3. Keamanan
Cloud computing dapat meningkatkan keamanan TIK, ketika penyedia layanan memiliki keahlian dan sumber daya yang lebih baik daripada pelanggan. Sehingga tidak berlaku untuk keamanan fisik dari tempat di mana perangkat keras berada.

4. Efisiensi Energi
Penyedia layanan di publik cloud dapat mengalokasikan sumber daya perangkat keras mereka ke sejumlah pelanggan. Hal ini membuat konsumsi energi lebih efisien daripada jika semua pelanggan memiliki pusat data mereka sendiri dengan perangkat keras, sistem pendingin.

5. Fleksibilitas
Dalam banyak kasus, cloud computing memudahkan organisasi untuk mengaktifkan layanan untuk digunakan dari lokasi yang berbeda dan dari jenis klien yang berbeda (PC, tablet, ponsel).

6. Proteksi Data
Layanan cloud dapat memberikan perlindungan tingkat tinggi untuk data sensitif dengan mencegah identifikasi tidak sah atas data yang disimpan di cloud. Untuk melindungi dan mengamankan data di lingkungan cloud, organisasi harus mengetahui data apa yang mereka miliki dan di mana data tersebut berada.

7. Kinerja dan Keandalan
Indikator utama keandalan dari layanan cloud adalah uptime persentase waktu server beroperasi. Sistem lokal atau on-premise dapat memiliki uptime hampir 100%.

8. Inovasi
Layanan cloud dapat mengurangi cakupan investasi yang diperlukan untuk memulai perusahaan baru. Karena tidak diperlukan investasi besar dalam perangkat keras dan infrastruktur atau lisensi perangkat lunak, modal awal akan lebih sedikit.

Sumber: World Bank - 2022 Norway Government, Cloud Computing Strategy - 2016

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas