10 Tren Teknologi Strategis 2024

Tahun 2024 sudah dijelang dan akan menjadi tahun yang penuh dengan perkembangan teknologi digital. Gartner telah memprediksikan paling tidak ada 10 tren dalam 2024 ini.

Sebagaimana diketahui tahun ini akan banyak sekali inovasi-inovasi teknologi terlebih dengan perkembangan AI. Banyak lembaga yang sudah memprediksi bagaimana perkembangan teknologi tersebut salah satunya Gartner yang disampaikan dalam acara IT Symposium/Xpo di Orlando pada akhir 2023 lalu.

Menurut Chris Howard, VP Analyst dan Chief of Technology Research Gartner menyatakan bahwa di tengah gangguan dan ketidakpastian teknologi dan ekonomi, para pemimpin TI dan eksekutif lainnya harus mengevaluasi dampak dan manfaat dari tren teknologi strategis, namun ini bukanlah tugas kecil mengingat meningkatnya laju inovasi teknologi.

“Misalnya, AI generatif dan jenis AI lainnya menawarkan peluang baru dan mendorong beberapa tren. Namun untuk mendapatkan nilai bisnis dari penggunaan AI yang tahan lama memerlukan pendekatan yang disiplin dalam penerapannya secara luas serta memperhatikan risikonya,” ujar Chris dalam keterangan resmi Gartner.

Sepuluh tren teratas yang diyakini Gartner akan mendorong gangguan dan peluang signifikan bagi para pemimpin TI adalah:

1. AI generatif yang didemokratisasi

2. Kepercayaan AI, manajemen risiko dan keamanan

3. Pengembangan yang ditambah AI

4. Aplikasi cerdas

5. Tenaga kerja yang terhubung dengan tambahan

6. Manajemen paparan ancaman secara berkelanjutan

7. Pelanggan mesin

8. Teknologi berkelanjutan

9. Rekayasa platform

10. Platform cloud industri

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas