Ini 5 Provinsi dengan Etika Digital Terbaik pada 2021

Survei Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC) mengungkap Maluku Utara menjadi provinsi yang memiliki etika digital terbaik pada 2021.

Etika digital dalam survei ini menilai tentang bagaimana sikap masyarakat terkait komentar negatif di media sosial, mengunggah konten tanpa izin, menghargai privasi di media sosial, dan sebagainya.

Hasil survei mencatat bahwa Maluku Utara mendapatkan skor indeks literasi digital untuk pilar digital ethics atau etika digital tertinggi secara nasional, yakni 3,84 dari skala 1-5. Semakin tinggi skornya artinya semakin baik.

Aceh menduduki posisi kedua dengan skor indeks pilar digital ethics sebesar 3,74. Kemudian diikuti DKI Jakarta dan Jawa Tengah dengan skor masing-masing 3,72 dan 3,71 dan urutan ke lima Sulawesi Utara 3,7.

Adapun dari 34 provinsi di Indonesia, terdapat 13 provinsi yang memiliki skor pilar digital ethics di atas rata-rata skor nasional yang sebesar 3,52. 

Sementara, mayoritas atau 21 provinsi memiliki skor pilar digital ethics di bawah rata-rata nasional. Papua dan Riau tercatat memiliki skor terendah yaitu 2,94 dan 2,70.

Sumber: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/09/ini-provinsi-dengan-etika-digital-terbaik-pada-2021
 

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas