Dishub DKI Jakarta Akan Pakai Artificial Intelligence untuk Urai Kemacetan

JAKARTA, iNews.id - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mengatur durasi lalu lintas di ibu kota. Teknologi tersebut diyakini bisa mengurai kemacetan. 

Rencana penggunaan teknologi kecerdasan buatan itu, dihasilkan atas kolaborasi dengan perusahaan teknologi informasi ternama, Google. Nota kesepahaman pun telah diteken pada bulan lalu.

"Kami tengah bekerjasama dengan Google Indonesia untuk optimasi traffic light di persimpangan. Mereka akan gunakan teknologi AI," ujar Kepala Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas Dishub Provinsi DKI Jakarta Emanuel Kristanto dalam keterangannya, Jumat (9/11/2022).

Secara garis besar, cara kerja teknologi ini dengan menganalisa kepadatan lalu lintas secara langsung. Data tersebut, akan dikirim kepada Dishub untuk menjadi pengaturan waktu lampu lalu lintas di persimpangan.

"Artinya, durasi lampu lalu lintas akan berbeda tiap jam dan berdasarkan kondisi kepadatan kendaraan yang melintas," ujar Emanuel. 

Proyek yang dinamakan Green Light ini rencananya akan mulai diterapkan pada tahun 2023. 

Sumber: https://www.inews.id/news/megapolitan/dishub-dki-jakarta-akan-pakai-artificial-intelligence-untuk-urai-kemacetan
 

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas