Kunjungan Dewan TIK Daerah Provinsi Sumatera Selatan: Koordinasi dan Sinkronisasi Program Kerja

Jakarta – Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) menerima kunjungan delegasi dari Dewan TIK Daerah Provinsi Sumatera Selatan dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi penyelarasan program kerja Dewan TIK Daerah Provinsi Sumatera Selatan dengan Wantiknas pada Jumat (22/10). Acara diawali dengan sambutan pembukaan yang disampaikan oleh Anggota Tim Pelaksana Wantiknas, Ashwin Sasongko.

Ashwin menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan Dewan TIK Daerah Provinsi Sumatera Selatan ke Wantiknas, karena dalam hal ini Wantiknas dapat terhubung dengan multistakeholder daerah. “Terima kasih sudah hadir ke sini, sebetulnya Wantiknas ingin berkoordinasi dan terhubung dengan multistakeholder daerah, namun dengan 514 Kota/Kabupaten belum memungkinkan Wantiknas kesana,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ashwin juga menyebutkan arah cakupan Wantiknas yang menjadi prioritas dalam transformasi digital di antaranya Talenta Digital, Infrastruktur 5G, SPBE, Satu Data, Tata Kelola TIK, Keamanan Siber, dan e-Education. “Ini merupakan poin-poin yang sering dimunculkan oleh bapak presiden, kemudian kita tindaklanjuti dan ini pun sebagian ada di RPJMN 2020-2024 di transformasi digital,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan, H. Achmad Rizwan menyampaikan bagaimana pembentukan dan kegiatan Dewan TIK Daerah Provinsi Sumatera Selatan hingga memohon arahan dalam keselarasan program kerja yang dapat diterapkan di Sumatera Selatan. “Kegiatan Dewan TIK Daerah Sumatera Selatan belum berjalan karena Covid-19, untuk itu kami meminta arahan bagaimana gambaran nanti sehingga Diskominfo dan Wantikda bisa melihat rancangan ke depan dan dapat diterapkan di Sumatera Selatan,” ujarnya. 

Selain itu, Ketua Dewan TIK Daerah Sumatera Selatan, Muhammad Izman Herdiansyah, memaparkan rencana aksi Dewan TIK Daerah Provinsi Sumatera Selatan di antaranya, Transformasi Digital – Roadmap, Pembangunan Desa Mandiri, Ekosistem Digital Startup, Infrasturktur dan Perluasan Akses, SDM Talenta Digital, Penerapam AI, IoT, Smart City, Sumsel Satu Data, Pameran Inovasi Hasil Riset, dan Seminar Industri. 

Di akhir, Izman berharap adanya keselarasan dan sinergi antara Wantiknas dan Dewan TIK Daerah Provinsi Sumatera Selatan. “Kami berharap juga nantinya kami di Dewan TIK Daerah Provinsi Sumatera Selatan, bisa berkolaborasi terkait program ke depan yang tentu sangat terkait apa yang dikerjakan pusat dan perlu diimplementasikan di daerah kami,” tutupnya.

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas