Tekan Penyebaran Covid-19 melalui TIK, Wantiknas Susun Rekomendasi Strategis

Jakarta – Di tengah situasi pandemi Covid-19, sektor teknologi memiliki peranan yang sangat penting, bahkan bisa dibilang menjadi pemain utama dalam menekan penyebaran Covid-19. Hal ini menjadi pembahasan penting dalam rapat rutin yang diselenggarakan oleh Wantiknas kemarin (24/03).

“Risiko pandemi ini tetap harus diwaspadai. Teknologi ini adalah suatu alat infrastruktur yang sangat harus kita seriuskan dan sempurnakan, tanpa adanya ini kita tidak bisa menyebarkan berita dengan tepat dan cepat kepada orang, tanpa infrastruktur ini tidak dapat mengumpulkan data-data,” terang Ketua Tim Pelaksana Wantiknas, Ilham Habibie saat membuka rapat rutin.

Dirinya menuturkan, tanpa adanya Big Data dan Artificial Intelegence (AI) tentu tidak bisa menganalisa pola-pola yang sedang dihadapi, karena pandemi amat cepat berkembang. Tanpa adanya teknologi, secara umum akan sulit untuk berbagai ide. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah rekomendasi dalam memanfaatkan teknologi di era saat ini. 

“Teknologi ini semakin lama menjadi tulang punggung dari infrastruktur negara yang memang mau berkembang dan tengah berada di globalisasi. Ke depannya semakin banyak hal yang harus kita lakukan dengan menggunakan TIK. Sesuai dengan tugas Wantiknas, kita kasih masukan yang mana bolanyanya di kementerian berwenang,” katanya.

“Teknologi ini adalah sesuatu yang tidak boleh disepelekan dan harus kita rancang sebagai infrastruktur yang krusial mendasar,” lanjut Ilham.  

Dalam rapat tersebut, Sekretaris Tim Pelaksana Wantiknas, Ismail juga berpendapat dengan situasi saat ini, Wantiknas dapat mengambil langkah-langkah antisipasi dalam mempercepat dan penguatan transformasi digital.

“Kita luruskan kembali, termasuk bekerjasama dengan operator dalam menyiapkan platform yang aman dan user friendly. Kita fokus pada dua area, pertama support masalah Covid-19 dan di luar itu kita follow up proses transformasi digital baik pemerintahan, Pendidikan, hingga kesehatan,” ujar Ismail.

Senada dengan Ismail, Wakil sekretaris Tim Pelaksana Wantiknas, Mira Tayyiba menambahkan bahwa dapat membuat program atau rekomendasi dengan jangka pendek dan jangka menengah. Melihat adanya wabah ini justru menjadi momentum untuk banyak membantu sektor TIK.

“Kita bisa lakukan pendekatan jangka pendek dan jangka menengah. Kalau bisa direkap jangka pendek harus mengenai konten hoax. Selain itu kita juga bisa memantau harga alat kesehatan di e-commerce, dan kita bisa bekukan akun tersebut yang mengambil keuntungan,” pungkas Mira.

Rapat yang dilaksanakan secara daring melalui video conference itu, Ilham menegaskan bahwa Wantiknas berkomitmen untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam membantu menekan penyebaran Covid-19 berbasis teknologi dan penguatan transformasi digital di dalamnya dengan membentuk grup yang fokus pada tema tertentu.

“Kita bisa membentuk grup diskusi yang fokusnya ke government, pendidikan, kesehatan, ekonomi terkait dengan Covid-19 dan tidak terkait dengan Covid-19 ini bisa kolaborasikan dengan Kementerian Kesehatan karena sektor kesehatan dengan TIK erat hubungannya,” tegas Ilham. 

(DS)

Rate this article:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Recent Post

Latest News from Wantiknas