Keamanan Siber Indonesia, Ke 48 Dunia dan 4 Asean

Berdasarkan data National Cybersecurity Index (NCSI) 2023, Belgia ialah negara dengan keamanan siber terbaik dengan indeks 94,81. Sementara itu, Indonesia berada di peringkat ke-48 dengan indeks 63,64.

Setelah sempat menjadi tema dalam debat calon presiden, Masyarakat Kembali menaruh perhatian dengan persoalan keamanan siber Indonesia. Keamanan siber telah menjadi isu penting di negara-negara maju dan mendapat perhatian yang begitu besar.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Berdasarkan data dari  National Cyber Security Index (NCSI) pada 2023, secara global, Indonesia menduduki peringkat ke-49 dari 176 negara, masih berada di bawah skor rata-rata dunia yang mencapai 67,08 poin. Sementara di negara dengan keamanan siber terbaik di kelompok Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), Indonesia masuk kategori lima besar dengan skor 63,64, setelah Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

NCSI adalah sebuah indeks yang dibuat oleh e-Governance Academy Foundation, sebuah organisasi non-pemerintah yang berbasis di Estonia. NCSI mengukur seberapa siap suatu negara dalam melindungi ruang siber dari berbagai aspek, seperti hukum, kebijakan, organisasi, kapasitas, kerja sama, pendidikan, dan kesadaran.

NCSI membuat penilaian ini berdasarkan sejumlah indikator, seperti aturan hukum negara terkait keamanan siber, ketersediaan lembaga pemerintah di bidang keamanan siber, kerja sama pemerintah terkait keamanan siber. Tidak hanya itu, NCSI juga membuat penilaian dari bukti-bukti publik, seperti situs resmi pemerintah atau program lain yang terkait.

IN

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas