Potensi Kontribusi Ekonomi Digital 20,7 Persen dari PDB di 2045

Pemerintah memproyeksikan potensi ekonomi digital nasional akan mencapai 20,7 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2045 mendatang. Potensi ini akan digerakkan oleh generasi muda yang saat ini berumur 15 hingga 30 tahun.

Kontribusi ekonomi digital dan peran kaum muda itu diungkapkan Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya, R. Wijaya Kusumawardhana, dalam keterangannya terkait Grand Talkshow Menuju Indonesia Emas 2045: Pentingnya Talenta Muda Dalam Transformasi Digital, Sosial dan Ekonomi, di Yogyakarta akhir pekan lalu.

“Saat ini mereka merupakan pengguna sosial media terbesar di Indonesia. Generasi muda juga menjadi penggerak potensi ekonomi digital nasional yang diproyeksikan mencapai berkontribusi sampai 20,7 persen dalam dari PDB Indonesia di 2045,” ujar Wijaya Kusumawardhana dikutip dari media.

Menurut Wijaya, Indonesia saat ini membutuhkan setidaknya sembilan juta orang tenaga semi terampil dan terampil pada sektor digital selama kurun waktu 2015 sampai 2030.

Selain terampil, tenaga yang dibutuhkan juga harus produktif karena penggunaan internet Masyarakat saat ini kurang produktif.

Apalagi saat ini cukup banyak teknologi digital yang berkembang seperti keamanan siber, komputasi awan, Internet of Things (IoT), big data dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

“Untuk memenuhi kebutuhan ini maka perlu dipetakan kondisi masyarakat terkait infrastruktur, keterampilan digital, dan pemberdayaan teknologi digital serta pemetaan pekerjaan di sektor digital,” jelasnya.

IN

 

Rate this article:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Recent Post

Latest News from Wantiknas