Ilham Habibie: Cetak SDM Unggul Melalui Sistem Pendidikan STEAM

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas), Ilham Akbar Habibie mengungkapkan, dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia agar bisa bersaing di era Industri 4.0, sistem pendidikan di Indonesia juga harus dibenahi dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Ilham mengatakan sistem pendidikan yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah yang menggunakan pendekatan STEAM  (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics) based learning secara komprehensif.

“Di masa mendatang saat industri 4.0 sudah menjadi suatu kenyataan yang kita dihadapi setiap hari, kepluraran daripada dunia itu harus kita sadari. Kita banyak dapat masukan terus menerus dan kita harus mampu menterjemahkan itu ke sesuatu yang bermanfaat bagi diri kita dan juga kelompok di mana kita berada. Kesadaran seperti inilah yang perlu dikembangkan. Dan menurut hemat saya, ini bisa dikembangkan dengan adanya sistem pendidikan yang mengandalkan filosifi steam based,” kata Ilham Habibie, di acara diskusi yang digelar Wantiknas, di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Melalui pendekatan ini, lanjut Ilham, para siswa bisa diajarkan untuk menerapkan hal-hal yang telah dipelajari. “Jadi tidak saja menekankan aspek dari segi mata pelajaran teknologi atau ilmu eksakta, tetapi juga caranya bagaimana kita mencari sintesis selagi kita belajar, project based learning. Jadi kita belajar bersama rekan-rekan kita satu kelas atau sekolah, dan guru lebih berperan sebagai mentor atau pelatih. Ini semua merupakan bagian dari upaya mencetak SDM unggul,” tuturnya.

Ditegaskan Ilham, mengubah sebuah kurikulum memang tidak mudah. Sebagai solusi, para siswa bisa tetap harus mengikuti kurikulum yang sudah ada, tetapi kurikulum tersebut juga dikombinasikan atau diperkaya dengan adanya project based learning.

“Selain cara mengajarnya, yang juga penting adalah perlu adanya kaitan erat antara institusi pendidikan dengan penggunanya, dalam hal ini bisa industri, institusi penelitian, atau juga kantor pemerintah, sehingga bisa terjadi arus informasi yang akan menambah pengetahuan dari semua pihak,” ujar Ilham.

Sumber: BeritaSatu.com

Rate this article:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Recent Post

Latest News from Wantiknas