4 Hal ini Efektif Jaga Keamanan Data Pribadi

Pasca ditetapkannya Covid-19 menjadi pandemi. Organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) secara resmi menyurati Presiden Jokowi, untuk menyatakan kondisi darurat nasional. Menanggapi hal tersebut, presiden menghimbau dan mengajak masyarakat untuk melakukan segala aktivitas hanya di rumah saja. Seperti belajar, beribadah dan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Di samping itu, membaca berita, belanja online, pesan makanan di berbagai platform digital juga dilakukan selama beraktivitas di rumah.

Meningkatnya aktivitas digital, tentu menjadi suatu yang perlu Anda perhatikan. Keamanan siber menjadi tantangan sendiri ketika Anda banyak mengakses berbagai platform digital. Selain itu, ancaman siber juga bisa mengakses data para pengguna digital untuk mencuri identitas serta menjualnya.

Maraknya aktivitas yang mengancam keamanan siber, Anda dapat terapkan empat cara ini untuk menjaga keamanan data Anda dari kejahatan dunia siber. Berikut ringkasannya:

1.    Rutin mengatur pembaruan perangkat lunak
Terkadang Anda kerap mengabaikan aturan untuk memperbaharui perangkat lunak yang sedang digunakan. Padahal, jika tidak sering pembaruan akan berdampak pada mudahnya peretas dalam memindai jaringan atau situs yang sedang Anda gunakan. Pembaruan perangkat lunak sendiri bertujuan untuk melindungi dari risiko keamanan, memperbaiki bug atau celah serta meningkatkan performa kecepatan perangkat Anda.

2.    Aktifkan otentikasi kata sandi
Buatlah kata sandi yang kuat dan usahakan setiap tiga bulan sekali menggantinya. Tambahkan juga kata sandi yang agak sulit diakses, misalnya perpaduan antara huruf juga angka. Selain itu, untuk menjaga keamanan informasi pribadi Anda. Pastikan otentikasi kata sandi dua langkah untuk mencegah peretas menggunakannya, seperti siapkan kode keamanan melalui smartphone Anda.

3.    Periksa perizinan akses aplikasi
Bila menggunakan sebuah perangkat aplikasi, Anda kerap dimintai izin untuk akses ada di ponsel Anda? Yup, Anda perlu berhati-hati jika aplikasi baru mengakses data dalam ponselnya. Anda dapat melakukan setting akses melalui pengaturan ponsel Anda atau pengendalian akses.

4.    Baca ketentuan aplikasi
Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan salah satu aplikasi, baiknya Anda baca terlebih dahulu seperti apa syarat dan ketentuan aplikasi tersebut. Jangan malas baca ya, Sob!

Rate this article:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Recent Post

Latest News from Wantiknas