Wantiknas Dorong Pemanfaatan Platform Digital dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX

Jakarta – Jelang PON XX Papua, Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) dorong pemanfaatan platform digital lokal dalam menunjang pelaksanaan PON Papua. Anggota Tim Pelaksana Wantiknas, Garuda Sugardo mengatakan bahwa penyelenggaraan olahraga baik di tingkat nasional maupun global selama ini menggunakan aplikasi dari luar.

“Selama ini kita menggunakan aplikasi dari luar. Jadi bagaimana kita menjawab PON 4.0 ini sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi yaitu pengejawantahan dari implementasi kemandirian digital. Mudah-mudahan aplikasi-apliikasi yang dapat memonitor secara online ini merupakan karya anak bangsa. Sejauh kita bisa harus melakukan TKDN semaksimal mungkin dan bekerja sama dengan ABGC+M yg artinya akademisi, bisnis, government, community, dan militer untuk keamanan PON XX Papua,” katanya saat rapat koordinasi Pemanfaatan Platform Digital dalam Menunjang Pelaksanaan PON, pada Kamis (22/04) secara virtual.

Garuda juga berharap pada pagelaran PON XX Papua ini dapat memberikan dampak yang luar biasa terhadap destinasi wisata yang ada di Papua seperti destinasi super prioritas yang sifatnya digital, wisata kuliner, wisata alam, hingga budaya yang ada di Papua. Sehingga program-program prioritas dan program kabinet Indonesia Maju juga dapat mewarnai PON XX.

Di sisi lain, Kepala Diskominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griafon yang juga hadir dalam rapat tersebut menjelaskan bahwa kendala dalam pelaksanaan PON XX nanti adalah bagaimana kesiapan mobilisasi menuju tempat-tempat kuliner, wisata, dan pusat perbelanjaan lainnya di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. 

“Salah satu kendala adalah peserta ketika datang mencari tempat kuliner, wisata, dan perbelanjaan di kota maupun kabupaten. Kemudian saat ini promosi PON belum terlalu digaungkan, sehingga saya percaya teman-teman Gojek, maupun Google dapat membantu menindak lanjuti dalam pelaksanaan maupun promosi tentang PON. Karena saya melihat ketika Asean Games, Gojek di sini mempunyai kontribusi besar,” jelasnya.

Rapat ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Gojek yaitu VP of Public Policy & Government Relations, Tricia Istiara Iskandar dan Strategic Sales Lead, Public Sector Google, Anne Yurico yang mana keduanya pun mendukung secara penuh dan siap membantu dalam pelaksanaan PON XX Papua dengan berbagai platform yang dimiliki oleh keduanya. Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jayapura, Jery A. Yudianto, dan juga perwakilan dari Direktorat KTI Bappenas.

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas