Percepat Transformasi Digital, Kominfo Bangun 4.000 BTS di Wilayah 3T

LABUAN BAJO - Satu lagi tower 4G BTS dibangun di Pulau Rinca, Labuan Bajo , Nusa Tenggara Timur (NTT). Langkah ini merupakan bagian dari upaya percepatan transformasi digital di Indonesia. 
Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo membangun jaringan Base Tranceiver Station (BTS) agar merata di seluruh Nusantara.

Penyediaan sinyal 4G dan akses internet tidak hanya berfokus pada wilayah urban, tetapi juga di pelosok desa berpemukiman serta wilayah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T). 

Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Achmad Latif menjelaskan, pembangunan BTS ini merupakan bagian dari percepatan transformasi digital di Tanah Air, yang pembangunan infrastrukturnya dimandatkan kepada BAKTI Kominfo. 

"Pemerintah melakukan pemerataan pembangunan dengan dasar no one will be left behind. Saat ini, rata-rata progress pembangunan BTS 4G Fase 1 adalah 86% di mana 1.900-an lokasi telah on air dari target 4.200 lokasi pada tahun 2022," jelasnya dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi media nasional di Pulau Rinca, Labuan Bajo, dikutip Minggu (14/08/22).

Menurut Anang, pembangunan BTS 4G didukung alokasi dana APBN secara bertahap yang disesuaikan dengan kemampuan fiskal pemerintah.

"APBN yang dialokasikan untuk pembangunan 4.200 BTS 4G sebesar Rp11 Triliun. Salah satu komponen terbesar untuk biaya logistik pengiriman material karena banyak lokasi pembangunan yang belum terdapat infrastruktur fisik dasar, seperti jalan, sehingga harus ditempuh dengan menggunakan helikopter," terang dia.

Dia menambahkan, pembangunan infrastruktur digital di desa-desa terpencil bukan hal yang mudah. Tantangan kondisi geografis alam, persoalan logistik, transportasi, dan ketersediaan SDM menjadi kendala tersendiri.

BAKTI Kominfo membangun BTS 4G di wilayah 3T yang sangat sulit dijangkau. Bahkan, banyak desa yang belum memiliki infrastruktur jalan yang layak dan aliran listrik.

"Sehingga pengiriman material ke lokasi BTS 4G banyak dilakukan dengan berjalan kaki dan menggunakan gerobak atau menggunakan perahu-perahu tradisional untuk menyeberangi lautan atau sungai-sungai," ungkapnya.

Tower BTS adalah langkah awal transformasi digital agar seluruh Indonesia terkoneksi. Pemerintah menargetkan 90% seluruh wilayah Indonesia terhubung oleh data dan bisa mengakses Internet. 

Target ambisius namun tetap perlu dilakukan untuk memastikan hak rakyat atas sinyal dapat terpenuhi. Tantangan ke depan adalah dukungan penganggaran khususnya APBN dan peningkatan literasi digital masyarakat.

Sumber: https://ekbis.sindonews.com/read/855733/34/percepat-transformasi-digital-kominfo-bangun-4000-bts-di-wilayah-3t-1660464497?showpage=all
 

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas