Menkominfo Johnny G. Plate: Pemerintah Siapkan Akses Internet di 150.000 Fasilitas Umum Daerah 3T

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate mengatakan pemerintah Indonesia bertekad dan berkomitmen dalam memperjuangkan capaian konektivitas universal yang bermanfaat bagi seluruh warga negara anggota International Telecommunicatiom Union (ITU).

Pernyataan Menkominfo itu saat ia menyampaikan High Policy Statement Indonesia dalam ITU Plenipotentiary Conference 2022 (PP 22) di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania, pada 27 September 2022.

Menurutnya, konektivitas universal, berupa kebermanfaatan penggunaan internet bagi semua orang, memiliki urgensi tinggi di tengah dinamika dunia yang tengah menghadapi masa depan baru pemulihan pascapandemi Covid-19. Menteri Johnny pun menegaskan saat ini ialah momentum yang tepat dalam mengurangi kesenjangan digital di dunia. Tujuan inipun senada dengan  ITU Strategic Goals dan Connect 2030 Agenda.

Menkominfo juga memaparkan perkembangan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia dalam rangka meminimalisir kesenjangan digital. Saat ini, Indonesia tengah menggelar kabel serat optik di darat dan bawah laut sepanjang 460.000 km jaringan kabel serat optik. Di samping itu, Indonesia tengah menyelesaikan sekitar 65 persen target pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G untuk memenuhi kebutuhan ribuan desa di wilayah nonkomersial atau daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). 

Rencananya, pada kuartal kedua 2023 tahun depan, Indonesia akan meluncurkan dua unit High Throughput Satelit Geo Earth Orbit dengan kapasitas 150 Gbps untuk mendukung akses internet di lebih dari 150.000 fasilitas umum di daerah 3T.  Dengan pembangunan infrastruktur TIK secara besar-besaran, Menkominfo mengharapkan Indonesia dapat berkontribusi dengan memudahkan akses bagi 2,7 miliar manusia yang belum terhubung internet.

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1639560/menkominfo-johnny-g-plate-pemerintah-siapkan-akses-internet-di-150-000-fasilitas-umum-daerah-3t

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas