Kominfo Kabupaten Jayapura mendukung UMKM untuk manfaatkan digital

Jayapura (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah itu untuk memanfaatkan teknologi digital.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon kepada Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan pihaknya telah mengajukan kepada Badan Aksesbilitas Telekomunikasi (Bakti) Kominfo untuk pengadaan Very Small Aperture Terminal (VSAT) IP bagi UMKM di wilayah itu.

"Ada sekitar 400 lebih VSAT IP yang kami ajukan termasuk juga untuk home stay pariwisata, SD, SMP dan SMA serta SMK kemudian Polsek, Koramil, dan perpustakaan yang berada di pelosok," katanya.

Menurut Gustaf, sambil menunggu akses untuk pembukaan VSAT IP bagi UMKM, Kominfo Kabupaten Jayapura akan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta menyelesaikan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) yang saat ini sementara berjalan.

Setelah itu, lanjut dia, pihaknya akan menyosialisasikan penggunaan aplikasi Virtual Expo bagi UMKM dengan menggandeng PT Telkom.

"Kami juga akan menggandeng Bank Indonesia Perwakilan Papua untuk Cinta, bangga dan Paham rupiah jadi kami akan mendorong UMKM untuk itu," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura Haryanto mengatakan sebanyak 30 UMKM di wilayah itu telah mendapat pendampingan (pelatihan) untuk go digital.

"Selain dari kami ada 125 UMKM bimbingan dari Kominfo Kabupaten Jayapura yang sama-sama belajar untuk go digital," katanya.

Sumber: https://papua.antaranews.com/berita/689361/kominfo-kabupaten-jayapura-mendukung-umkm-untuk-manfaatkan-digital
 

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas