Jelang PON XX, Wantiknas Fasilitasi Rapat Koordinasi Pemanfaatan Platform Digital

SENTANI - Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) memfasilitasi pertemuan dengan berbagai pihak secara virtual. Pertemuan secara daring ini membahas pemanfaatan platform digital dalam menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun ini.

Pada rapat yang dilaksanakan pada Kamis (22/4/2021) itu, Wantiknas diwakili oleh Aswhin Sasongko, Garuda Sugardo, dan Gerry Firmansyah. Sedangkan dari Bappenas diwakili Direktur Ketenagalistrikan,Telekomunikasi dan Informatika Rachmat Mardiana, Koordinator Bidang Ekosistem dan Pemanfaatan TIK Dit KTI Andianto Haryoko, dan Koordinator Bidang Infrastruktur TIK Rizki S. Putera.

Selain itu, turut hadir pula Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua Jery A. Yudianto, Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, ST, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah PT Karya Anak Bangsa (Gojek) Tricia Iskandar, dan Anne selaku Lead Public Sector in Indonesian-Google Indonesia.

Tricia Iskandar dari Gojek menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi sebagai bentuk dukungan terhadap penyelenggaraan PON XX. Apalagi, Gojek telah beroperasi di tiga kota besar di Papua yaitu di Kota Jayapura, Merauke, dan Sorong.

"Kalau di Jayapura yang paling besar adalah Goride, Gofood dan Gocar. Kami juga siap berkolaborasi untuk menyukseskan PON XX Papua, misalnya dengan mengenalkan berbagai wisata, makanan khas Papua dan mengadakan bergagai promo menarik," ujar Tricia dalam keterangan tertulisnya.

Senada dengan Tricia, Anne dari Google Indonesia juga menyatakan siap mendukung penerapan platform digital sebagai bagian dari teknologi industri 4.0 dalam pelaksanaan PON XX Tahun 2021 di Papua. "Adanya digital justru memberikan keuntungan lebih, karena bisa menjangkau lebih banyak penonton. Jika ingin menambahkan teknologi tersebut di aplikasi yang sudah ada, kami dari Google siap membantu," katanya.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, menurut Anne, semua pihak harus bisa menerapkan transformasi digital di event PON XII yang merupakan olahraga terakbar di tanah air.

Ia menambahkan, masyarakat bisa memanfaatkan layanan YouTube untuk dapat melihat siaran pertandingan ulang. Selain itu, Google Map juga bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan lokasi-lokasi pertandingan secara lengkap.

Begitu pula dengan layanan Google Search bisa memudahkan pencarian tema seputar PON XX, karena akan langsung otomatis muncul pertama di sebelah kanan, termasuk detail pertandingan serta link untuk tersambung dengan aplikasi yang digunakan untuk penyelenggaraan PON XX. CM

Sumber: https://daerah.sindonews.com/read/408482/97/jelang-pon-xx-wantiknas-fasilitasi-rapat-koordinasi-pemanfaatan-platform-digital-1619363076

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas