Ini Tips Belanja Online Aman Agar Anda Terhindar dari Penipuan

Era digital telah membawa dampak yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat. Seperti salah satunya ialah berbelanja secara daring kini menjadi salah satu aktivitas yang cukup digemari oleh banyak orang. Selain praktis dan juga beberapa barang yang dijual pun terjangkau murah. Tak hanya itu saja, masyarakat juga hanya cukup bertransaksi di manapun lalu barang yang dipesan akan di antar sesuai pesanan dan alamat yang disimpan.

Jika sebelumnya masyarakat sudah melakukan langkah-langkah berbelanja secara daring. Di tengah merebaknya wabah Covid-19, kebutuhan berbelanja online tak terelakan lagi bahkan semakin menguat. Apalagi pemerintah sudah menghimbau untuk beraktivitas di rumah saja dan melakukan social distancing atau menjaga jarak untuk menekan penyebaran virus. Akan tetapi, melonjaknya transaksi berbelanja secara daring justru banyak dimanfaatkan oleh kalangan tertentu untuk mendapatkan keuntungan lebih. Kini banyak sekali e-commerce baru menawarkan barang yang memang saat ini tengah meningkat dengan harga yang cukup fantastis.

Sob, agar Anda tidak tertipu dari produk yang palsu dan berbelanja secara aman, simak cara-cara ini:

1.    Pilih e-commerce terpercaya
Sob, cobalah untuk buat daftar kebutuhan yang Anda inginkan agar sesuai dengan pengeluaran. Pilihlah e-commerce terpercaya dan memiliki rekomendasi cukup bagus. Bandingkan juga dengan e-commerce lain sebagai acuan bahwa Anda benar-benar tidak salah memilih e-commerce.

2.    Perhatikan verifikasi e-commerce
Cek kembali apakah e-commerce yang Anda pilih tersebut sudah terverifikasi atau tidak. Disarankan Anda untuk tidak sembarangan mengklik tauran melalui sms atau email, cukup langsung kunjungi situs e-commerce tersebut.

3.    Periksa rating 
Biasanya beberapa e-commerce mencantumkan penilaian dari para pembeli. Usahakan cari e-commerce yang memiliki rating bagus. Biasanya e-commerce yang cukup bagus akan banyak mendapat penilaian bagus dari para pembelinya. Jika memiliki tanggapan positif, sudah bisa dikatakan bahwa e-commerce tersebut memiliki reputasi baik.

4.    Baca ulasan dan deskripsi produk
Sebelum memilih barang yang Anda inginkan, sebaiknya Anda memerhatikan ulasan produk tersebut. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi apakah barang tersebut layak atau tidak terutama yang memuat dengan foto-foto. Selain itu, Anda bisa lihat deskripsi barang terutama baha-bahan pokok.

5.    Pilihlah cara membayar aman
Banyak sekali metode pembayaran transaksi secara online. Pilihlah metode yang sesuai dengan e-commerce tersebut, misalnya menggunakan rekening Bersama. Di mana rekening tersebut merupakan sebagai perantara antara pembeli dan juga penjual, sehingga uang yang Anda transfer juga tidak langsung diterima penjual. Simpan juga bukti pembayaran Anda, apabila barang yang Anda terima tidak sesuai dengan ekspektasi. 

6. Jangan pernah bagikan kode rahasia
Apabila ketika anda mendapatkan kode rahasia melalui pesan singkat misal SMS, itu adalah kode untuk otorisasi transaksi. Jadi, jangan pernah bagikan kode yang bersifat rahasia ke pihak manapun yang tidak Anda kenal dengan alasan apapun. Happy shopping Sob!
 

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas