Garuda Sugardo Beberkan Kunci Sukses Keberhasilan Smart City

Jakarta – Anggota Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional, Garuda Sugardo menyebutkan kunci sukses dalam keberhasilan smart city saat memberikan keynote speech dalam serangkaian acara Government Week 4.0: Kota Cerdas untuk Mewujudkan Government 4.0, Selasa (17/11) melalui video conference

Garuda beberkan kunci sukses tersebut di antaranya perlu adanya digital leadership atau e-leadership, yang menurutnya sementara ini dapat dikatakan dari kepala daerah, kemudian sumber daya manusia juga literasi digital, dan manajerial dan kultur. Selain itu, dirinya juga menekankan bahwa ada fondasi untuk kunci keberhasilan tersebut berjalan yaitu adanya sistem smart city yang terdiri dari infrastruktur, device, network, aplikasi, dan konten. 

“Tetapi keseluruhannya bukanlah tools, keseluruhannya adalah sistem pelayanan, sebuah sistem kultur yang melibatkan Akademisi, Bisnis, Government dan Community (ABGC). Kemudian menjamin pengembangan kota secara berkelanjutan,siapapun bupati/walikota/gubernur dan juga ini yang penting wawasan global, konsep nasional dan berkearifan lokal,” tuturnya.

Garuda juga menegaskan program smart city harus menjadi program yang berkelanjutan dan berkesinambungan dan berorientasi kepada masyarakat. Ia mengajak seluruh stakeholder terkait, seperti, Kemendagri, Badan Standarisasi Nasional, Bappenas, Wantiknas, dan Kemkominfo untuk sama-sama berkoordinasi dan berkolaborasi untuk mengangkat isu-isu terkait smart city khususnya ketersediaan sumber daya manusia dan juga bagaimana standarisasi nasionalnya. 

“Saya ingat teman lama saya mantan Mendagri lalu, bahwa konsep smart city Indonesia adalah penataan dan pelayanan kota (Kawasan) secara terintegrasi berbasis TIK untuk kemudahan dan kelancaran bagi terwujudnya kehidupan yang lebih baik. Inilah kota cerdas Indonesia,” tegas Garuda.
 

Beri rating artikel ini:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Berita Terbaru

Berita terbaru dari Wantiknas