Sinergi Wantiknas-Wantikda untuk Percepatan Transformasi Digital di Kabupaten Tegal

Tegal - Guna mempercepat transformasi digital di Indonesia, sebagai salah satu amanah dan fokus utama Dewan TIK Nasional, maka (Wantiknas) melakukan sinergi kegiatan dengan melakukan audiensi dengan Dewan TIK Daerah Kabupaten Tegal, kemarin (24/02).

Dalam audiensi tersebut, Direktur Eksekutif Wantiknas Gerry Firmansyah menyampaikan saat ini Wantiknas sudah memiliki framework transformasi digital yang dapat direplikasi oleh Dewan TIK daerah atau pemerintah daerah untuk percepatan digital.

"Wantiknas sudah menyiapkan framework transformasi digital. Tahapannya adalah mulai dari digitasi, digitalisasi, kemudian transformasi digital. Ini pun dapat diadopsi oleh Dewan TIK daerah, khususnya Kabupaten Tegal," tuturnya saat menyampaikan materi.

Gerry juga menjelaskan framework transformasi digital Wantiknas, yang mana memiliki tahapan-tahapan yang perlu dilakukan hingga akhirnya bertransformasi digital. Pertama, digitasi yaitu bagaimana semua proses yang berbau analog akan berpindah melalui digital, contoh sederhananya adalah surat yang mulai beralih ke digital. Kedua, digitalisasi yaitu bisnis proses yang sudah mulai berubah. Berikutnya, semua aspek secara menyeluruh akan berubah dan juga ekosistemnya merupakan transformasi digital. 

"Sebetulnya pekerjaan rumah kita bersama adalah bagaimana membangun trust, artinya untuk melaksanakan tahapan transformasi digital ini butuh CIO yang tegas," tukas Gerry.

Sementara itu, Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie menegaskan dirinya sangat konsen dalam pembangunan daerah berbasis digital, karena berdampak pada sebuah pekerjaan. 

"Saya jujur sangat serius untuk membangun daerah yang ramah digital. Artinya semua pekerjaan bisa efektif dan efisien dalam satu langkah," tegas Wakil Bupati yang berlatar belakang pendidikan information science and technology ini.

"Ini komitmen," tutup Ardie penuh semangat.

Rate this article:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Recent Post

Latest News from Wantiknas