Kepala BSSN: Keamanan Siber Harus Menjadi Perhatian Kita Semua

Jakarta – Paska fokus transformasi digital menjadi salah satu amanah Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) sesuai dengan arahan Menteri Bappenas, Wantiknas terus berkoordinasi dengan multi-stakeholders untuk mendorong transformasi digital.


Saat ini era digital membawa perubahan yang cukup besar pada berbagai sektor. Kendati demikian, tak dipungkiri setiap kemajuan selalu ada risiko dan tantangan yang harus dihadapi oleh para pemangku kepentingan, baik swasta maupun pemerintah. Apalagi jika melihat laporan Global Cyber Security Index (GCI) yang dikelurkan oleh International Telecommunication Union (ITU), Indonesia mengalami peningkatan dalam hal keamanan siber, yang sebelumnya diperingkat ke-70 pada tahun 2017 dan di tahun 2018 menjadi peringkat ke-41 dari sekitar 194 negara.


Dalam diksusi TIK-Talk#14: Keamanan Siber sebagai Fondasi dan Enabler Transformasi Digital di Indonesia kemarin, (06/02) Cyber Security menjadi pembahasan yang cukup serius dan menjadi perhatian, karena merupakan faktor penting dalam transformasi digital.


Dikatakan oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siburian,  keamanan siber menjadi sebuah perhatian kita semua, karena dampaknya besar. “Yang menjadi perhatian kita adalah dampak yang berakibat pada keamanan kita. Kesalahan terjadi karena human, berawal dari pemikiran kemudian disalurkan melalui internet atau teknologi secara masif berpengaruh terhadap manusia,” ujarnya.


“Proses ekonomi digital juga menjadi perhatian BSSN karena kaitan erat dengan keamanan supaya proses bisnis berjalan dengan sebagaimana mestinya,” tambah Hinsa.


Senada dengan Hinsa, Anggota Tim Pelaksana Wantiknas, Ashwin Sasongko menjelaskan saat ini sudah menuju digital, sehingga transformasi digital perlu. Tetapi, dibutuhkan keamanan siber yang mumpuni.


“Sesuai dengan arahan pak Menteri Bappenas untuk fokus pada transformasi digital. Maka keamanan siber ini adalah bagian dari transformasi digital. Keamanan siber mencakup banyak hal termasuk masalah satelit dari segi keamanannya,” tutur Anggota Tim Pelaksana Wantiknas, Ashwin Sasongko saat memberikan sambutan.


Dalam kesempatan yang sama Anggota Tim Pelaksana Wantiknas, Garuda Sugardo meyakini bahwa keamanan siber menjadi bagian penting dalam transformasi digital. “Jadi kita yakini bahwa keamanan siber adalah sebuah keniscayaan yang haru kita laksanakan bersama-sama sehingga tercipta transformasi digital,” jelasnya.

Rate this article:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Recent Post

Latest News from Wantiknas