Ilham Habibie Beberkan Tips Sukses Berjualan Online

Jakarta – Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas), Ilham A Habibie beberkan tips sukses berjualan secara online. Menurutnya ada enam hal yang dibutuhkan dalam keberhasilan berjualan online, yakni respon berkualitas, pengiriman baik, kualitas produk baik, packing berkualitas, layanan purna jual, dan database pembeli.

Tips tersebut disampaikan dalam acara Grand Launching Program Studi Sarjan Terapan E-Commerce Logistics dan Webinar “Peluang dan Tantangan Industri dan SDM E-Commerce Logistics Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru”, Sabtu (25/07) yang diselenggarakan oleh Politeknik Pos Indonesia. Pertama, Ilham menegaskan dalam berjualan tentu harus memiliki respon yang berkualitas. Artinya setiap penjual harus cepat responsif dan ramah. 

“Menjawab pertanyaan dari pembeli secara ramah jujur itu penting sekali, di situlah banyak orang menilai kualitas penjual baik. Kita punya hubungan baik dengan customer,” ungkap Ilham penuh semangat.

Kemudian dalam memiliki usaha, penjual perlu memerhatikan pengiriman yang baik. Menurutnya, selain memiliki hubungan baik dengan pembeli, dalam pengiriman juga penting, cepat dan aman. Ilham juga menekankan pada kualitas produk harus baik daan packing yang berkualitas.

“Pengiriman juga penting, oke cepat terus mudah dan aman. Kualitas produk juga harus baik, yang penting sesuai dengan yang dijual, kualitas itu sesuatu hal yang susah dipertahankan namun penjual harus mengutamakan tersebut. Nah, kemudian packaging harus rapi dan aman. Menurut saya akan sangat diapresiasi masyarakat kalau packaging rapi dan aman,” tuturnya.

Terakhir, Ilham juga menegaskan pada pelayanan purna dan data bata base pembeli. Menurutnya, pembeli harus cepat tanggap terhadap pertanyaan customer secara edukatif, dan tetap sabar. “Kemudian kalau kita punya database, ini yang kita sebut big data. Sebetulnya kalau kita bicara data jutaan miliyaran. Sebuah database kecil dari pembeli juga penting. Melalui data base inilah penting bisa digunakan dalam merencakan bisnis ke depan untuk memperbaiki produk marketingnya,” katanya.

Turut jadi pembicara dalam Webinar ini di antaranya, Direktur Komersial PT. Pos Indonesia, Ir. Charles Sitorus, CEO Group PowerCommerce.Asia The Power Group Indonesia, Hadi Kuncoro. 

Rate this article:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Recent Post

Latest News from Wantiknas