Gelar Halal Bihalal Virtual, Empat Fokus Area ini Menjadi Pembahasan Wantiknas

Jakarta - Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) Ilham A. Habibie bersama keluarga besar Wantiknas menggelar halal bihalal untuk pertama kalinya secara virtual pada lebaran idulfitri tahun ini, Senin (08/06). Halal bihalal yang digelar melalui konferensi video ini bertujuan untuk membahas tindak lanjut hasil dari audiensi dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas selaku ketua Tim Harian Pengarah Wantiknas.

Dalam pembukaanya, Ilham mengajak seluruh jajaran Tim Pelaksana Wantiknas bersama-sama diskusi menemukan yang terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara terkait transformasi digital sudah menjamah seluruh aspek bahkan ada yang tidak lepas dari transformasi digital itu sendiri. “Digital transformasi hal ini sangat menyeluruh semua askep kehidupan dan bahkan lebih, maka ini perlu kita sampaikan. Marilah kita sebagai Wantiknas bersama-sama kita bicarakan, pilih yang terbaik untuk bangsa dan negara,” tutur Ilham penuh semangat.

Sementara itu, Sekretaris Tim Pelaksana Wantiknas Ismail memaparkan beberapa hal yang menjadi pekerjaan rumah Wantiknas sebagai tindak lanjut dari audiensi dengan ketua tim harian pengarah Wantiknas. Ia manyampaikan bahwa terdapat empat fokus area yang menjadi target Wantiknas dalam rekomendasi. Pertama mengenai ketersediaan dan kualitas infrastruktur jaringan internet serta pasokan listrik terjaga. Kedua, struktur tata kelola/kepemimpinan untuk mendorong kolaborasi dan koordinasi untuk mencapai keselarasan implementasi digital. Ketiga, penguatan aplikasi lokal pendukung komunikasi jarak jauh antar instansi pemerintah terutama dalam aspek peningkatan keamanan siber. Keempat, optimalisasi pemanfaatan TIK untuk mendukung aktivitas masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, dan bisnis.

Menurut Ismail, dari empat fokus area yang menjadi goal Wantiknas terdapat dua yang menjadi prioritas. “Wantiknas akan memberikan rekomendasi terhadap availabilty infrastruktur dan memberikan rekomendasi urusan tata kelola kepemimpinan dalam proses transformasi digital. Dua fokus awal area ini tidak menutup bahwa kedua isu lain yang sangat penting kita tuntaskan,” ucapnya.

Urgensi Infrastruktur
Pada kesempatan tersebut, Anggota Tim Pelaksana Wantiknas Garuda Sugardo mengaku kaget sampai saat ini masih ada satu kabupaten yang belum memiliki ketersediaan selular, padahal letaknya dekat Nabire.

“Hari ini di kabupaten Intan Jaya belum punya selular, jadi saya kaget juga itu. Kita seharunya bertanggung jawab semua untuk mempercepat paling tidak ini menjadi flexit utama Wantiknas untuk menghidupkan kabupaten tersebut dan mendapatkan langsung 4G selular,” ungkapnya.

“Daerah Pandeglang, Banten, dan Serang masih belum memiliki intenet juga dan inilah harus kita jadikan flexit. Saya kira itulah yang harus kita lakukan kerja sama antar kementerian,” tuturnya.

Rate this article:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Recent Post

Latest News from Wantiknas