Bekerja dari Rumah? Ini Tipsnya!

Merebaknya Covid-19 membuat dunia heboh seketika. Organisasi kesehatan dunia (WHO) pun menghimbau untuk menerapkan social distancing artinya menjaga jarak dengan orang lain. Menyusul himbauan WHO, Indonesia sendiri melalui Presiden Joko Widodo mengambil langkah konkrit untuk mengurangi penyebaran Virus Corona dengan memberlakukan sistem kerja dari rumah atau disebut Work From Home (WFH).

Bekerja dari rumah tentu akan sangat berbeda jika dibandingkan harus bekerja di kantor. Seperti manajemen waktu yang cukup menjadi godaan terbesar ketika bekerja di rumah. Pasalnya, Anda harus melakukan aktivitas seperti memasak, membersihkan kamar, dan lainnya. Selain itu, suasana rumah yang terkadang membuat Anda juga malas bekerja menjadi pengganggu produktifitas bekerja Anda.

Agar pekerjaan tidak terganggu dan tetap produktif, yuk ikuti beberapa tips berikut ini:

1.    Atur jadwal bekerja
Lakukan rutinitas pagi seperti biasa Anda bekerja. Misal, menyamakan jadwal di kantor dengan di rumah, pada pukul 08.00 pagi Anda sudah siap bekerja. Tentunya sebelum jam 08.00, Anda harus bersiap-siap dengan mandi, sarapan, hingga berpakaian rapi. Gunakan juga ruangan khusus untuk bekerja agar produktif. 

2.    Tentukan waktu istirahat
Jangan biarkan Anda terlalu fokus pada pekerjaan hingga lupa untuk beristirahat. Atur waktu pukul 12.00-13.00 Anda untuk istirahat dan makan siang. Istirahatkan sejenak dari laptop dan gawai. Yup, Terapkan manajemen waktu di rumah seperti di kantor, anggaplah Anda bekerja di kantor namun suasana rumah.

3.    Komunikasi yang sehat
Meskipun Anda bekerja dengan jarak jauh dari atasan dan juga rekan kerja lainnya, bukan berarti Anda bebas bersantai dan menunda pekerjaan lho. Tetap jaga komunikasi dengan atasan dan rekan tim lainnya seperti biasa Anda lakukan di kantor. Biasakan untuk tetap pantau dan berinteraksi di grup chat kantor, hal tersebut juga memudahkan Anda untuk mengetahui apabila ada pekerjaan mendadak lainnya. Laporkan program kerja dan hasil pekerjaan setiap harinya kepada pimpinan. 

4.    Gunakan aplikasi penunjang
Bekerja jarak jauh bukan menjadi alasan Anda untuk tidak produktif bekerja. Gunakan aplikasi penunjang guna mengurangi aktivitas Anda untuk bertemu di ruang publik dan kerumunan. Misalnya, Anda dapat memaksimalkan teknologi yang ada seperti email, video conference untuk mendorong rapat jarak jauh dengan menggunakan Google Hangout, Cisco Webex dan aplikasi lainnya. Tetap jaga koordinasi dengan tim kerja dengan mengunggah pekerjaan di Google Drive, Dropbox, dan penggunaan Google Docs.

5.    Jaga kesehatan
Pastikan kesehatan Anda menjadi prioritas utama dalam bekerja. Penuhi asupan secara cukup di rumah dengan banyak minum air mineral dan makanan  bergizi  agar tubuh tetap fit. Konsumsi air mineral dapat membantu meningkatkan fokus Anda dalam bekerja. Stay Healthty!
 

(DS/IA)

Rate this article:

https://github.com/igoshev/laravel-captcha

Recent Post

Latest News from Wantiknas