10 December 2018

Pengembangan Cloud Computing di Indonesia Terhambat Karena Sulitnya Menemukan SDM yang Berkualitas

Pada tanggal 23 Agustus 2017 lalu, Dewan TIK Nasional (Wantiknas) mendapat kunjungan dari sebuah asosiasi yang berbasis komunitas di bidang cloud computing, yaitu Asosiasi Cloud Computing Indonesia atau ACCI. Kunjungan yang berupa sesi audiensi ini ditujukan agar ke depannya ACCI dan Wantiknas dapat menjalin kerja sama dalam beberapa irisan program. Hal ini didasari oleh meningkatnya tren cloud computing di Indonesia beberapa waktu belakangan ini, yang ditandai dengan munculnya tagline “go to cloud” di hampir semua perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara bidang pendidikan, industri dan cloud computing untuk menciptakan ekosistem yang lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut, Alex Budiyanto selaku Ketua sekaligus Pendiri ACCI menjelaskan bahwa sebagai badan hukum berbasis komunitas, anggota ACCI sendiri berasal dari beberapa perusahaan. ACCI memiliki visi untuk menyelaraskan perkembangan cloud computin dan meningkatkan kualitas SDM juga kewirausahaan di bidang teknologi. Untuk mewujudkan visinya, ACCI memiliki serangkaian kegiatan seperti media elektronik dan cloud computing akademik dengan membentuk professional training dan research center di beberapa daerah.

“SDM di bidang teknologi informasi adalah infrastruktur negara untuk kemajuan negaranya, karena negara yang maju sekarang dapat disimbolkan dengan teknologinya yang maju. Oleh karena itulah dibutuhkan SDM yang berkualitas untuk mengelola teknologi tersebut,” ujar Alex.

Menanggapi hal ini, Ilham Habibie selaku Ketua Tim Pelaksana Wantiknas menyampaikan bahwa karena ACCI terlihat lebih fokus pada aktivitas cloud computing, maka ACCI harus siap dengan tantangan terkait pengembangan SDM di Indonesia. Adapun tantangan tersebut mencakup animo masyarakat yang masih kurang di bidang teknik, kurangnya SDM dengan level senior atau spesialis profesional, dan pola konsumtif masyarakat Indonesia yang lebih dominan dibanding produktif.

“Masyarakat Indonesia adalah tipe yang lebih membutuhkan solusi yang bersifat aplikatif untuk penyelesaian masalah. Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman lebih terkait permasalahan dan solusi di bidang teknologi infrmasi terlebih dahulu untuk memfasilitasi isu terkait SDM ini. Nantinya, cara mengedukasi masyarakat yang bersifat heterogen ini adalah dengan mengajarkan dari daerah luar (pesisir) lalu ke dalam. Ini sesuai srategi Nawacita,” papar Ilham.

Pada kesempatan yang sama, Alex juga menyampaikan bahwa ACCI mendorong penggunaan cloud resource standarisasi di sisi pemerintah, di mana kapasitas yang besar dapat digunakan secara sharing. Usulan tersebut diterima dengan baik oleh Ilham yang kemudian mengajak ACCI untuk berkolaborasi dengan Wantiknas dalam acara Warkopnas, yang akan mengangkat tema “Cloud Computing“.