24 July 2017
cw22-ebook-big-data-3405370

Manfaat Big Data dalam Industri IT

Bisnis online dan industri berbasis Informasi Teknologi (IT) memang sedang menjadi primadona saat ini. Hal ini disebabkan karena pergeseran jaman di mana saat ini teknologi adalah ujung tombak dalam melakukan segala aktivitas. Membahas mengenai industry IT, maka yang menjadi trend saat ini adalah Big Data.

Belakang ini. Big Data sedang gencar diperbincangkan di kalangan pengusaha IT, padahal pemunculan Big Data sudah dimulai sejak tahun 2005, dikenalkan oleh O’Relly Media. Big Data semakin populer karena pebisnis saat ini lebih fokus pada internet servis, dimana pengilahan data menggunakan teks, gambar, video maupun foto yang diunggah ke dunia maya untuk bahan promosi maupun penjualan online.

Big Data memiliki karakteristik 3V, yaitu Volume, Velocity, dan Variety. Volume yaitu set data yang disimpan dalam jumlah besar. Velocity yaitu kebutuhan dalam mengakses data dengan cepat, dan Variety yaitu format data yang bervariasi. Dengan adanya Big Data maka memberikan solusi bagi para pengusaha atau industri IT untuk mengidentifikasi adanya peluang baru yang mungkin bisa dikelola.

Manfat penting yang bisa diterapkan dalam penggunaan Big Data untuk berbisnins yaitu:

  1. Penghematan biaya sangat signifikan dalam penyimpanan data dalam jumlah besar, karena Big Data akan menggunakan sistem cloud.
  2. Lebih cepat dalam pengambilan keputusan karena Big Data akan menganalisis berbagai macam sumber data dan informasi lebih cepat dan akurat. Selain itu Big Data mampu memberikan hasil analisis lebih cepat, sehingga memungkinkan pengambilan kepuusan lebih cepat pula.
  3. Menciptakan produk dan layanan baru dengan mengukur kebutuhan dan kepuasan pelanggan.

Dari keunggulan dan manfaat yang diberikan oleh Big Data, maka dengan otomatis akan meningkatkan pendapatan industri IT. Para pengusaha IT juga akan dengan mudah untuk mencapai tujuan perusahaan. (ar/fs)

Referensi