26 September 2017
Waspada Ransomware Locky dari tebusan sejumlah uang secara online.
Waspada Ransomware Locky dari tebusan sejumlah uang secara online.

Waspada Ransomware Locky Mengancam Keamanan File

Majunya teknologi bukan hanya memberi keuntungan bagi para kreatif untuk menciptakan inovasi baru untuk menghasilkan sebuah karya, namun teknologi juga memberi celah bagi para cyber criminal untuk mendapatkan uang melalui inovasi yang merugikan pihak tertentu. Jenis cyber crime yang sering ditemui adalah berupa virus dan malware yang mengintai para pengguna gadget.

Malware atau virus yang dikhawatirkan yaitu Ransomware dimana virus ini bekerja dengan menginfeksi file para korban dengan menyisipkan kode jahat. Para pelaku virus Ransomeware ini biasanya meminta sejumlah uang untuk tebusan agar file tersebut bisa diselamatkan. Selanjutnya, ada sebuah virus baru dari jenis Ransomware yaitu Ransomware Locky yang berinovasi lebih canggih lagi dimana mampu mengincar para pengguna media sosial, seperti Facebbook atau LinkedIn.

Cara kerja dari Ransomware Locky yaitu menyisipkan virus pada gambar yang tersebar di media sosial dan membuat pengguna mengunduh gambar tersebut. Ketika file sudah terunduh dan diklik, maka akan muncul kode enkripsi secara otomatis. Virus ini mampu melumpuhkan kerja komputer ataupuun gadget yang sedang digunakan. Virus dalam file juga dibubuhi dengan kode jahat yang berisikan tebusan dengan sejumlah uang.

Dihimbau bagi para pengguna komputer ataupun gadet yang terhubung dengan jaringan internet dan kerap mengakses media sosial harus berhati-hati dengan jenis Ransomeware Locky ini. Jangan sembarangan mengunduh file yang berasal dari orang asing. (ar/fs)

Referensi