16 July 2019
Ki-Ka: Ketua Komisi III DPR Papua Carolus Bolly, Gubernur Papua, Lukas Enembe, Ilham Akbar Habibie dan Ketua Dewan Pelaksana Detikda Provinsi Papua, Dominicus Carvallo, sesaat setelah mengadakan pertemuan khusus yang membahas langkah strategis TIK Papua dan kesiapan Papua menyambut PON XX Papua tahun 2020. (22/09/2016)

Bertemu Ketua Tim Pelaksana, Gubernur Papua Bahas Langkah Strategis PON 2020

Terkait kesiapan PON XX Papua tahun 2020, Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang juga sebagai Ketua Dewan Pengarah Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Detikda) Provinsi Papua, didampingi oleh Ketua Dewan Pelaksana Dominicus Carvallo dan Ketua Komisi II Detikda Provinsi Papua  El Bahar Conoras, mengadakan pertemuan khusus dengan Ketua Tim Pelaksana Wantiknas, Ilham Habibie, di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta,  Rabu (21/9) malam. Turut hadir pula Ketua Komisi III DPR Papua, Carolus Bolly. Pertemuan tersebut membicarakan perencanaan strategis untuk membangun dan mengembangkan infrastruktur TIK di Provinsi Papua.

Seperti dilansir di dalam wartaplus.com Lukas Enembe mengakui bahwa masih diperlukan berbagai kebijakan strategis dan langkah-langkah yang sungguh-sungguh dalam rangka mewujudkan pengembangan TIK di Papua.

“Kami masih sangat membutuhkan arahan strategis dari pusat terkait pengembangan TIK di Wilayah kami agar bisa memberi manfaat yg seluas-luasnya dalam mendukung berbagai program pembangunan di Provinsi Papua” ujar Lukas kepada Ilham.

“Kami juga menyadari masih diperlukan komitmen dan upaya yang sungguh-sungguh dari semua komponen masyarakat, swasta dan pemerintah daerah itu sendiri untuk bekerja sekuat tenaga dalam rangka mewujudkan pengembangan TIK kami, terutama dalam mempersiapkan diri sebagai Tuan Rumah PON XX tahun 2020” imbuh Lukas.

Gubernur Papua yang baru saja meluncurkan buku karyanya yang berjudul “Papua: Anatara Uang dan Kewenangan” ini juga mengungkapkan keinginan dan harapannya yang besar untuk membangun dan lebih meningkatkan kemampuan dan kapasitas TIK ini sampai ke seluruh pelosok Papua, terutama upaya untuk membangun Data Center TIK di 5 (lima) wilayah adat yang ada di Papua.

Beberapa kesepakatan dalam pertemuan tadi malam antara lain pentingnya dukungan Wantiknas terhadap langkah-langkah strategis yang harus terus dilakukan bersama-sama oleh Detikda Papua dan Pemprov Papua, untuk mengedepankan upaya pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Orang Asli Papua (OAP) dibidang pendidikan, pengembangan serta penguasaan TIK agar dapat tercipta SDM TI yang mandiri dan benar-benar menguasai bidang ini.

Disepakati pula untuk memprioritaskan Papua sebagai pilot project pengembangan infrastruktur TIK dengan menggunakan fixed wireless guna mengantisipasi, membuka dan memperluas jaringan TIK hingga sampai ke pedalaman Papua yang belum dapat dijangkau oleh fiber optic.

Menciptakan energi terbarukan yaitu tenaga listrik dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, seperti micro hydro menuju konsep Papua Smart Green. Membangun sinergitas antara Wantiknas, Kementerian Kominfo, Dinas Kominfo Provinsi Papua, Detikda Papua dan Penggiat IT di Provinsi untuk menuju e-govt 3.0 (Three Point O), guna menciptakan transparansi pengelolaan keuangan daerah dan berbagai aspek pembangunan lainnya di Provinsi Papua, merupakan bagian dari kesepakatan dalam pertemuan khusus tadi malam.

Sementara itu Ketua Dewan Pelaksana Detikda Provinsi Papua Dominicus Carvallo menyampaikan berbagai langkah dan upaya yang sudah dan yang akan dilaksanakan oleh Detikda Papua dalam pengembangan TIK di Provinsi Papua, terutama dalam menghadapi PON XX Tahun 2020 di Papua.

“Saat ini Detikda Provinsi Papua telah membuat “Road Map Pengembangan TIK Papua” yang wajib dipatuhi bersama oleh semua pihak untuk mewujudkannya di masa mendatang, serta kami akan melakukan kunjungan ke Dinas Kominfo Provinsi  Jawa Barat, melihat implementasi Kampung IT di Depok dan Kepatihan Yogyakarta”, terang Domi.

Secara terpisah, Carolus Bolly menyampaikan harapannya agar mendapat perhatian serius dari Pemerintah Daerah. “Harapan kami ke depan, semoga pemda dapat memberikan dukungan perhatian yang serius serta sungguh-sungguh dalam upaya peningkatan TIK di Provinsi Papua melalui program dan penganggaran yang terencana dengan baik, sehingga nantinya akan mampu membiayai berbagai langkah strategis yang telah disepakati tersebut”, harap Ketua Komisi III DPR Papua yang juga membidangi masalah anggaran.

“Dan tentunya diharapkan dapat meningkatkan PAD dari pemanfaatan TIK di Provinsi Papua”, imbuhnya penuh harap.

Dalam Rapat Rutin Tim Pelaksana Wantiknas ke-X hari ini (22/09), Ilham kembali menegaskan kepada forum bahwa tidak hanya infrastruktur yang perlu diperhatikan dalam pengembangan sektor TIK. “Menurut saya, sumber daya manusianya juga harus kita persiapkan, percuma bila infrastruktur termutakhir sudah tersedia namun SDM nya belum siap”, tegas Ilham saat memimpin Rapat Rutin sore ini.

“Dan mengenai SDM ini, saya sangat mengapresiasi langka mereka (Pemprov Papua, Red), yang saat ini sedang menjalankan program studi bagi generasi muda Papua untuk mengenyam pendidikan dengan disiplin ilmu TI agar mereka mampu bersaing”, imbuhnya. (sb/fs)

Sumber: http://www.wartaplus.com/gubernur-papua-bertemu-ketua-tim-wantiknas-membahas-infrastruktur-dan-kesiapan-pon-xx/